PEMB. ALKITAB : MARKUS 13 : 33 – 37
PENULIS : PDT. DR. HOSEA WALLY (STFT GKI I.S.Kijne Abepura)
1. PENDAHULUAN
Minggu pagi ini adalah minggu kedua dari masa adven menurut liturgi am gereja-gereja protestan di seluruh dunia. Dalam minggu-minggu adven, kita selaku anggota jemaat Tuhan dihimbau untuk mempersiapkan diri, menyucikan diri kita lahir dan batin, dalam rangka menyambut kedatangan Yesus Kristus, Juruselamat kita. Untuk itu, segala kejahatan dan dosa-dosa yang kita sudah perbuat, baik secara individual atau secara keluarga, harus membuat pengakuan dihadapan Tuhan dengan tulus dan memohon pengampunan dari-Nya. Persiapan hati seperti itu lebih berkenaan kepada Allah dari pada persiapan materi yang sifatnya seremonial. Kita sering mengidentikkan peristiwa natal dengan pesta-pesta tradisional , sehingga foKus kita tidak tertuju pada perkara-perkara rohani melainkan pada soal penampilan, soal makan-minum dan cari nama. Kebiasaan yang demikian sering mengaburkan makna teologis tentang“ arti penantian” itu. Firman Tuhan bagi kita pada minggu kedua masa adven hari ini di bawah sorotan tema : “Dia Datang”. Sebuah deklarasi iman yang bersifat eskatologis. Tema mengingatkan kita orang-orang percaya supaya bersiap-siap dan berjaga-jaga dalam rangka menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat kita. Saya, mengajak Bapa, Ibu, saudara warga jemaat, mari kita perhatikan apa kata Alkitab mengenai hal ini?
2. PENJELASAN TEKS
Perikop bacaan Firman ini terdiri dari 5 (lima) ayat yang berbicara tentang “persiapan umat” menyongsong kedatangan Yesus kembali (Parousia). Kata kunci yang dominan dalam perikop ini adalah “perhatikanlah”, Yunani : blepete dipakai 1 kali di ayat 33a dan kata kerja“berjaga-jagalah”, Yunani agrupneite dipakai 4 (empat) kali di ayat 33b, 34, 35 dan ayat 37. Kedua kata kerja ini digunakan dalam bentuk kata kerja imperative.
Bentuk ini menunjukkan bahwa tugas memperhatikan dan berjaga-jaga adalah sebuah amanat atau perintah yang wajib hukumnya. Dari sudut waktu, kata kerja ini menunjukkan “suatu kegiatan yang bersifat kontinyu” artinya memberikan perhatian dan berjaga-jaga atau waspada dilakukan setiap waktu. Untuk menjelaskan kebenaran ini, Yesus menggunakan sebuah ilustrasi yang berasal dari latarbelakang konteks sosial budaya para murid (ay 34-36). Dari perumpamaan ini terdapat beberapa keterangan yang menjadi perhatian bagi kita semua.
2.1. Ada seorang majikan yang hendak berangkat keluar daerah (ay 34a)
2.2. Sebelum ia berangkat, ia mempercayakan tugas-tugas kepada para hambanya masing-masing sesuai bidang tugasnya. Termasuk pengawal/penjaga pintu (ay.34)
2.3. Masalah waktu – yang terlihat disini adalah sang majikan tidak memberitahukan waktunya kepada para hambanya kapan ia pulang (ay 35) yang jelas pasti ia akan pulang karena rumahnya masih ada. Tugas para hamba adalah berjaga-jaga dan waspada setiap saat, entah maam, tengah malam atau menjelang pagi/subuh tuan ini akan tiba. Hal ini mengindikasikan bahwa perjalanannya jauh dan walaupun majikan itu puang, tidak mungkin ia tiba di rumah pada siang hari. Kecuali menjelang malam, tengah malam, larut malam atau pagi buta/subuh. Kenyataan yang ada biasanya pada saat-saat seperti ini, penghuni rumah sudah lelah, mengantuk dan tertidur pulas (ay 36). Oleh karena itu, tugas para hamba adalah waspada setiap saat dan selalu berjaga-jaga. (ay 33, 37)
Jika perumpamaan ini kita bandingkan dengan Mat 24:37-44 dan Luk 17:26-30 amant yang terkandung di dalam ketiga bagian dari Injil-Injil Sinoptik ini adalah kesetiaan dalam tugas – siaga penuh menjelang kedatangan Kristus (parousia). Kita menantikn kedatnagn-Nya kembali ke dunia ini dalam pengharapan. Sebab Ia sendiri yang pernah menjanjikan akan hal itu (Yoh 14:1-3; Kis 1:9-11). Firman-Nya selalu benar (Yoh 17:17) dan Ia tidak pernah berdusta (Tit 1:2). Oleh karena itu, pertanyaan kita adalah “bagaimana caranya untuk menantikan kedatangan-Nya?” ada dua kata kerja imperative praktis yang menjadi acuan bagi kita sebagai berikut :
1. Kata kerja “perhatikanlah” (ay 33a) Bahasa Yunani yang dipakai disini adalah “blepete” bentuk imperative dari kata kerja “bepo” artinya “melihat”. Kata kerja ini mau memberitahukan kita bahwa mata kita mempunya tugas untuk membaca dan mengerti fenomena alam dan kondisi social masyarak pada masa kini sebagai tanda-tanda kedatanagn Kristus (bdk ay 28-31; Mat 24; Luk 17:26-28) itu berarti sebagai orang-orang percaya kita harus peka melihat tanda-tanda zaman yang mengisyaratkan kepada kita bahwa kedatangan Yesus sudah dekat. Tugas ini adalah suatu amanta dan kontinu sifatnya dalam rangka menyongsong kedatangan-Nya. Sesuai tema khotbah kita hari ini “Dia Datang:, atau lebih tegas lagi “Dia sedang datang”.
2. Kata kerja “berjaga-jagalah” ay 33b, bahasa Yunani yang dipakai disini “agrupneite” bentuk imperative dari kata kerja “agrupneo”, berjaga-jaga dalam artian tidak mengantuk tertidur. Para hamba disini dituntut untuk setia dan waspada selalu dalam tugas yang dipercayakan oleh majikannya. Sambil melakukan tugas masing-masing dalam keadaan tetap siuman, tidak mengantuk dan tertidur pulas (ay 36)
3. PENERAPAN
Sementara kita menjalani masa adven dan menyongsong hari Natal, mari kita mendengar dengan sungguh-sungguh berita Firman pada hari ini. Kata kerja perhatikanlah dan berjaga-jagalah merupakan dua kata kerja imperative yang sifatnya kontinu. Maksudnya dalam rangka menyongsong kedatangan Tuhan kembali. Ia menuntut dari kita hamba-hamba-Nya yaitu setia dalam tugas dan panggilan kita sebagai orang-orang percaya. Ketika Ia datang kita menyambut Dia dalam keadaan yang sudah siap. Jangan seperti anak-anak gadis yang yang tidak bijaksana ketika mempelai laki-laki itu tiba mereka belum siap (Mat 25:6-13). Supaya kita malu bertemu dengan Dia, karena itu, berdirilah teguh dan jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan. Sebab, kamu tahu, dalam persekutuan dengan Tuhan jerih-payahmu tidak sia-sia. Tuhan memberkati kita dengan Firman-Nya. Selamat menjalani minggu ke-2 masa adven, terpujilah Dia, kini dan selamanya. Amin.
0 comments:
Posting Komentar