MINGGU, 29 NOVEMBER 2020
KALENDER GEREJAWI : MINGGU ADVEN I – UNGU
PEMBACAAN ALKITAB : YESAYA 64 : 1 – 9
PENULIS : PDT. DR. HOSEA WALLY (STFT GKI I.S.Kijne Abepura)
1. PENDAHULUAN
Tradisi yang lazim berlaku dalam gereja protestan pada umumnya yaitu sebelum merayakan hari natal 25 Desember, didahului dengan empat minggu adven. Empat minggu adven dihitung mulai dari akhir bulan November, minggu pertama, kedua dan ketiga bulan Desember. Dan itu terjadi setiap tahun secara rutin. Kata adven datang dari Bahasa Latin adventus atau epidemia dalam Bahasa Yunani yang kemudian menjadi Epifania. Semua istilah ini mengandung arti “kedatangan atau penampakkan diri”, yang pada awalnya tradisi ini dirayakan untuk menyongsong kedatangan atau penampakkan seorang dewa, kemudian gereja mengadopsi tradisi ini tetapi dengan isi dan makna yang baru, yaitu“masa persiapan dan penantian umat Kristiani akan kedatangan Tuhan Yesus kembali (Parousia). Tetapi secara praktis peristiwa adven itu diawali dengan memperingati kedatangan Kristus yang pertama yang bersifat historis (natal). Dan dalam peringatan kedatangan Kristus yang historis itu, sekaligus memperhadapkan gereja kepada kedatangan-Nya yang kedua (eskatologis).
Peristiwa natal mempersiapkan gereja Tuhan untuk siap-siaga dalam menantikan kedatangan Kristus kembali. Teks bacaan Firman Tuhan pada minggu pagi ini berbicara tentang “penantian” umat Tuhan untuk mengalami pengampunan dan pembebasan. Bukan saja dari segala dosa dan kejahatan yang mereka perbuat tetapi juga dari tangan musuh-musuh mereka yang sedang menindas mereka. Karena latar belakang yang nampak dalam teks ini mengacu pada kondisi sosio-politik bangsa Israel yang ada dalam kekuasaan bangsa Babel. Mereka melihat keadaan mereka dalam posisi yang lemah, musuh-musuh mereka lebih kuat Yahweh Allah mereka, seolah-olah Ia tak sanggup membela hak mereka serta melepaskan umat-Nya dari tangan musuh-musuh-Nya (bdk 63:15-19). Tetapi sesungguhnya mereka tidak melihat bahwa Allah sedang membalikkan sejarah. Allah sedang bersiap-siap untuk membela umat-Nya dan melepaskan mereka dari tangan musuh-musuh-Nya (bdk. 63:4-6). Mari kita perhatikan apa kata Firman Tuhan mengenai hal itu?
2. PENJELASAN TEKS
2.1.Keyakinan Ditengah Ketidakberdayaan (ay 1-5a)
Ditengah-tengah penindasan dan perhambaan yang dialami dan dijalani oleh umat Tuhan, mereka menyadari sungguh bahwa Allah adalah Juruselamat bagi mereka (63:8). Keyakinan ini didasarkan atas fakta sejarah, bahwa Allah adalah Juruselamat bagi mereka. Hal ini telah terbukti sejak peristiwa eksodus dari Mesir sampai menetap di negeri yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka (63:9). Hanya karena kejahatan dan dosa yang mereka perbuat kepada-Nya, Allah sebagai Juruselamat mereka berbalik menjadi seteru bagi mereka (63:10), Ia membiarkan hati mereka menjadi sesat, dan memakai musuh-musuh mereka sebagai alat murka dalam tangan-Nya. Mereka menyadari akan keadaan itu, menyesal dan berseru kepada-Nya (63:16-19), bahkan mereka tetap percaya bahwa Tuhan Allah akan menolong umat-Nya. Tak ada kuasa dan kekuatan apapun yang dapat mengahalangi Dia (64:1-2), juga tidak ada dewa bangsa manapun yang sanggup menolong mereka, kecuali Tuhan Allah. Pertolongan-Nya atas umat-Nya akan menjadi sebuah kesaksian bagi bangsa-bangsa supaya Ia dikenal (ay 3-5a)
2.2. Kesadaran dan Pengakuan Dosa Umat (ay 5b-7) Nabi mewakili bangsa-Nya (“kami”) menyadari bahwa penindasan dan perhambaan yang mereka alami adalah karena murka Tuhan. Semua ini terjadi sebagai akibat dari dosa-dosa dan pemberontakkan mereka kepada-Nya. Sifat pemberontakkan terhadap Allah, bukan sesuatu hal yang baru, tetapi sudah ada sejak nenek moyang mereka. Kelakuan ini adalah “dosa warisan” yang mereka warisi dari para leluhur mereka terdahulu (ay. 5b). Semua perbuatan baik mereka serta kesalehan mereka tidak cukup untuk menutupi dosa-dosa mereka. Nabi mengutarakan hal itu seperti kain kotor yang tidak berguna (ay 6). Bahkan lebih dahsyat lagi, dosa-dosa itu telah menguasai mereka serta memisahkan mereka dari Allah (ay 7)
2.3. Doa Pemulihan Umat (ay 8-9) Nabi menyadari bahwa apapun kondisi yg terjadi, Yahweh adalah Bapa bagi umat Israel (bdk 63:16-17). Dalam sebutan ini tersirat pengertian tanggungjawab-Nya atas umat Israel sebagai “am Yahweh” atau anggota keluarga Allah. Mustahil seorang kepala keluarga membiarkan anak-anaknya binasa. Kehadiran mereka sebagai “umat Allah” adalah karena perbuatan Allah sendiri. Itu berarti Allah mempunyai maksud dan tujuan yang baik bagi umat. Nabi Yeremia mengatakan :sebab Aku mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan (Yer 29:11). Mustahil Ia memilih sesuatu bangsa menjadi umat-Nya hanya untuk dibinasakan kelak (ay 8). Karena itu nabi memohon kepada Tuhan agar Ia jangan murka kepada umat-Nya, dan jangan terus-menerus ingat akan segala dosa dan kejahatan mereka (ay 9a). Dengan perkataan lain di ayat 8-9, nabi memohon belaskasihan dan pengampunan dari Allah atas dosa dan kejahatan umat-Nya. Seandainya Tuhan sangat murka dan terus-menerus mengingat-ingatakan dosa umat-Nya, tidak ada seorangpun yang akan hidup. Semua akan binasa karena murka-Nya (bdk. Maz 90:7-12). Tentu, sia-sialah kasih karunia-Nya bagi umat pilihan-Nya. Lalu dimanakah tanggungjawab-Nya sebagai seorang Bapa bagi umat-Nya. Tetapi minggu-minggu adven meyakinkan kita bahwa Allah itu sungguh baik. Kasih setia-Nya atas umat-Nya tetap untuk selama-lamanya.
3. PENERAPAN
Pada minggu adven yang pertama ini, Firman Tuhan telah menyapa kita di bawah sorotan tema “Pandanglah, ya Tuhan umat-Mu yang berdosa ini”. Sebuah tema yang mengingatkan kita tentang keadaan kita sebenarnya dan memohon Tuhan melihat kita dan mengasihani kita. Jadi, ada dua berita dalam Firman Tuhan ini :
3.1. Pertama : meskipun kita sudah menjadi “umat Allah” atau“ anggota jemaat Tuhan”, kita biasa saja dipengaruhi oleh kuasa dosa yang pada akhirnya kita berdosa kepada Tuhan. Setiap orang yang berdosa, melanggar disiplin rumah tangga , dan tetap akan dikenakan sanksi untuk itu. Sebab, Tuhan tidak punya anak ‘mas’, melainkan anak-anak yang dikasihi-Nya. Oleh karena itu, setiap pelanggaran yang dilakukan oleh anggota keluarga-Nya, tetap akan menerima sanksi-Nya sesuai dengan perbuatannya sebagai seorang anak (Ibr 12:6-7)
3.2. Kedua : Allah kita tidak hanya menekankan keadilan-Nya, tetapi Ia juga adalah Allah yang maha kasih. Keadilan kasih selalu menjadi bagian dari disiplin kasih-Nya kepada umat-Nya. Berita itu kita akan dengar pada minggu-minggu adven yang akan berlangsung selama empat minggu berturut-turut. Oleh karena itu, jika kita mendengar Firman Tuhan yang menyatakan kesalahan dan dosa kita, sebaiknya kita membuka diri, mengaku dosa, serta mempersiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus Juruselamat kita. Waktunya sudah dekat, mari kita mempersiapkan hati dan kehidupan kita untuk menyambut Dia. Selamat merayakan minggu-minggu adven Tuhan memberkati kita. Syalom. Amin.